Piala AFF U-22: Timnas Indonesia ke Final Usai Kalahkan Vietnam 1-0!

Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Vietnam di Semifinal Piala AFF U-22
Timnas Indonesia U-22 mengalahkan Vietnam di Semifinal Piala AFF U-22

TimnasGaruda.com – Timnas Indonesia U-22 melangkah ke final Piala AFF U-22. Tim ‘Merah-Putih’ sukses menaklukkan Vietnam 1-0 berkat gol Muhammad Luthfi Kamal.

Bertanding di Olympic Stadium, Phnom Penh, Minggu (24/2/2019) sore WIB pada laga babak semifinal, Indonesia langsung mendesak Vietnam selepas sepak mula. Gian Zola sempat melepaskan percobaan di menit keenam, tapi masih melebar.

Laga berjalan keras. Vietnam mendapatkan peluang saat laga memasuki 20 menit, dengan sundulan Tran Duc Nam masih mengarah ke atas gawang.

Sejumlah tekanan dilancarkan Vietnam, namun bisa diredam. Indonesia mendapatkan peluang dari Sani Rizki di menit ke-35, hanya saja tembakan dari luar kotak penalti bisa dihentikan kiper Phan Van Bieu.

Vietnam membalas tiga menit kemudian dari situasi bola mati. Umpan lambung gagal disapu pertahanan Indonesia dan disundul pemain Vietnam. Bola cuma melesat ke samping gawang. Babak pertama berakhir tanpa gol.

Baru dua menit babak kedua berjalan, Indonesia mendapatkan kans. Umpan Witan disambar Marinus Wanewar, tapi gagal di tangan Phan Van Bieu.

Vietnam mengancam lewat Tran Duc Nam pada menit ke-60, yang upayanya masih bisa diamankan Awan Setho. Percobaan lain dari Vietnam melalui sundulan semenit kemudian jauh dari gawang.

Indonesia memimpin di menit ke-70. Mendapatkan tendangan bebas di depan kotak penalti, eksekusi Muhammad Luthfi Kamal meluncur ke pojok kanan tanpa bisa dihentikan Phan Van Bien.

Peluang lain gagal dimaksimalkan Indonesia di menit ke-73. Umpan silang Witan dari kiri tak mampu dicocor Osvaldo di tengah kotak penalti.

Vietnam mendapatkan peluang di menit ke-83, saat Tran Duc Nam menyambar umpan silang dengan kepalanya. Bola masih melambung.

Tiga menit kemudian, giliran Nguyen Van Dat mengancam. Kali ini sundulannya melebar dari gawang Awan Setho.

Sampai pertandingan berakhir, tak ada gol lain tercipta. Indonesia pun melangkah ke final dan akan menghadapi pemenang antara Kamboja vs Thailand.

Susunan pemain:

Vietnam: Phan Van Bieu, Nguyen Van Dat, Tran Duc Nam, Tran Tnanh Son, Dung Quang Nho, Nguyen Huu Thang, Nguyen Van Hanh, Phan Tnanh Hau, Nguyen Hoang Duy, Nguyen Thien Duc, Le Van Xuan

Indonesia: Awan Setho, Asnawi Mangkualam, Nurhidayat, Bagas Adi, Firza Andika, Gian Zola, M Luthfi, Sani Rizki, Osvaldo Haay, Witan Sulaiman, Marinus Wanewar